Kamis, 05 Mei 2011

DUNIA ini makin DATAR dan RATA bagai Savana

     Savana,padang rumput yang begitu luas terbentang sepanjang mata memandang.Kita bisa melihat garis melintang yang di ujungnya,seluruh dunia dapat kita lihat.Dahulu para ilmuwan menduga secara fisik dunia ini datar,tetapi Colombus menyangkal bahwa sebuah kebohongan besar bumi ini datar.

   Apa yang dilakukan Colombus, dia berlayar mengarungi lautan dengan kapal kerajaan Spanyol dengan tujuan untuk menemukan jalan yang lebih singkat menuju India. Kenapa mencari India?, karna pada masa itu islam memutus jalur darat dari India ke Eropa. Colombus berangkat dengan asumsi, yakin bahwa dunia ini bulat. Keyakina itu yang membuat Colombus menjadi optimis bahwa dia akan menemukan jalur baru menuju India. Ternyata dia salah perhitungan, bukan India yang ditemukan tetapi kepulauan lain dimana penduduknya dia sebut juga orang India. Colombus kembali ke Spanyol dan bilang kepada Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, dia tidak ketemu dengan India. Tetapi dia yakin dunia ini bulat.
   Ungkapan itu yang ditulis oleh Thomas L. Friedman dalam bukunya ''The World is Flat'' empat kata yang seakan-akan merobohkan dugaan atau hipotesa Colombus,sehingga dia seakan-akan digugat pernyataan bahwa dunia ini Bulat,padahal Dunia ini Rata.
   Saya lebih senang mengungkapkan ''DATAR'' itu dengan istilah ''RATA''. Apa yang menjadikan dunia itu rata? Friedman mengatakan ada 10 kekuatan dunia yang menyebabkan dunia ini RATA.
   Salah satu diantaranya yg menyebabkan dunia ini menjadi rata adalah sejak ditemukannya teknologi ''WWW'' - World Wide Web.Teknologi ini sangat luar biasa gilanya,sehinnga bisa menghubungkan dunia dalam hitungan menit bahkan detik.Apa yang menjadikan WWW adalh salah satu kekuatan dunia?
Hanya satu ''Perangkat Lunak'', jika dulu Colombus mencari ''Perangkat Keras'' seperti emas, berlian, dan sebagainya. Saat ini orang lebih cenderung mencari ''Software'' untuk terjun dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk apa? Untuk ketemu hewan penguasa Savana,siapa dia? ''INTERNET''
   Internet (Java script) ternyata bisa dijadikan alternatif untuk meraup keuntungan yang berlimpah. Kita bisa melihat bagaimana GATE bisa menjadi kaya raya hanya dengan software yang dia beri merek MICROSOFT. Bahkan di Indonesia software banyak dibajak,tetapi GATE tetap saja kaya.
   Sosok lain yaitu Larry dan Sergey,milliyader di usia 31 tahun. Mereka hanya menemukan Algoritma google dan jadikanya algoritma itu sebagai search engine. Yang pada ahirnya dia mengalahkan search engine seperti Yahoo,MSN, Alta Vista, Lycos, dan lain-lain. Bahkan sekarang dalam kamus sebuah bahasa Inggris,geoogle telah menjadi sebuah kata. Google = Dictionary (kamus), ''just google'' apapun dapat ditemukan.
   Artinya dengan konektivitas ''online'' kita bisa menemukan apa saja. Termasuk uang yang mengalir ke rekening kita.
   Ratanya dunia,memaksa kita mau tidak mau untuk melakukan konektivitas online.Bisnis online saat ini menjadi salah satu kekuatan beberapa perusahaan besar di dunia,untuk memperluas jalur dan jaringan distribusi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar